Minggu, 21 April 2013

Indonesia surganya Retailer

Pernahkah anda ke carrefour.?yeah sekarang hampir di setiap kota besar di indonesia selalu terwakili waralaba asal prancis ini, dengan jumlah penduduk indonesia yg begitu banyak,menjadikan market yg luar biasa untuk retail atau pengecer,jangan salah walau ngecer tapi faktor kali nya luar biasa...kita terlihat tercengang dengan harga yg relatif sama bahkan lebih murah dari pasar tradisional,terutama barabf komoditas seperti 9 bhan pokok...dengan kualitas berbelanja nyaman dan menyenangkan.
Terus darimana laba nya?kalo murah gitu?...mungkin Pak CT membeli langsung dari produsennya,atau pabriknya dengan opsi penekanan harga dengan pemesanan produk yg banyak.. terus coba anda perhatikan,yg murah kan kebanyakan barang ,omoditas,namun yg lainnya.?seperti perkakas,eleketronik,dll dari segi laba lebih ditingkatkan..toh soal itu masyarakat jarang mengerti,kan beli paling 1 tahun sekLi,
Dengan kompetisi wholesale yg begitu ketat,ada carrefour,hipermart,giant,lotte mart dll.. itu sebuah cerminan bangsa kita adalah consumers,
Belum lagi supermarket2 sprti alfamart,indomart,dll berlomba2 memikat konsumen.
Yeah..kembali lagi,kita menjadi pemain atau penonton..yg meramaikan,
Semoga bangsa kita bisa hebat dengan segala potensinya..

Selasa, 09 April 2013

Bisnis atau berbisnis..

Ga terasa udah hari ke 5,lumayan lah... lapakku masih Alhamdulillah ada yang beli..
Jika melihat kebanyakan toko atau lapak di mall2,dan yg sedang ku perhatikan di seasons city,kok kebanyakan pada dagang aja ya..bukannya dagang jangka panjang,.?bingungkan maksudnya..
Maksudnya gini,kalau dagang aja,seperti rutinitaas...hari ini nungguin lapak/toko,terus jualan...besoknya lagi..gitu,dan gitu terus...meskipun pada akhirnya ada faktor tertentu..seperti langganan karena murah atau kenalan..tapi sepertinya kok seperti itu2 aja..ga ada perubahan yg Revolusioner..
Nah..sedang berbisnis..maksud saya,,membangun sebuah emperium brand,lewat toko ,lapak atau apapun.. yg penting BEDA,ga jual-Beli tiap hari..tapi ada Xfaktor..yaitu konsumen membeli merek kita,bukan produk kita..
Tersebutlah misal Rabbani,Indomaret,Alfamaret..dll,mereka menjaual nama..dan Dahsyatnya bisa di duplikasi..
Punya SOP dan Manajemen,yg pasti ada pembeda di produknya minimal merek dan kemasan..
Kembali lagi ke toko/lapak batik di mall2 jakarta...saya lihat belum ada yg bisa terduplikasi..mereka walaupun punya merek kurang dikenal,dan kurang tampil beda..
Menjawab hal tersebut..dengan izin Allah,semoga LaaRoiba Batik Pekalongan bisa menjadi pioner...
Ini saatnya.. do or ever..
Bismillahh..
;)